1. Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah : MTsN Bonjol
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VII/II
Tema
Pembelajaran :اَلأُسْرَةُ
Alokasi waktu : 2x40 menit
2.
Standar Kompetensi
2.1 Menyimak.
Memahami Informasi lisan melalui kegiatan
mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang keluarga.
3.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
(kata, frase, atau kalimat) tentang " اَلأُسْرَةُ "
3.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana
tentang " اَلأُسْرَةُ "
4.
Indikator
4.1 Melafalkan atau mengulang kembali mufradat yang
telah didengar dengan makhraj yang jelas , benar dan lancar.
4.2 Mencari informasi yang ada di dalam wacana tentang
" اَلأُسْرَةُ "
4.3 Menyebutkan atau mengungkapkan informasi yang ada
di dalam wacana tentang " اَلأُسْرَةُ "
5.
Tujuan Pembelajaran
5.1 Melafalkan atau mengulang kembali mufradat yang
telah didengar dengan makhraj yang jelas , benar dan lancar.
5.2 Mencari informasi yang ada di dalam wacana tentang
" اَلأُسْرَةُ "
5.3 Menyebutkan atau mengungkapkan informasi yang ada
di dalam wacana tentang " اَلأُسْرَةُ "
6.
Materi Ajar:
المفردات
|
مَعْنىَ
|
أُسْرَةٌ
ج أُسَرٌ
|
Keluarga
|
عَائِلَةٌ
ج عَوَائِلٌ
|
Keluarga
|
أَبِي
|
Ayahku
|
أُمّي
|
Ibuku
|
أختي
|
Saudaraku (Pr)
|
أخي
|
Saudaraku (Lk)
|
سنة
ج سنوات
|
Tahun
|
حلوى
ج حلاوى
|
Manisan, gula-gula
|
المطبخ
|
Dapur
|
الاِسْتِمَاعُ
§ سَيَقْرَأُ أُسْتَاذُكَ الْقِصَّةَ الْأَتِيَةَ.
إِسْمَعْ قِرَاءَتَهُ جَيِّدًا !
الأُسْرَةُ
يَا إِخْوَانِي، أَنَا حَمِيْدٌ. هذِهِ أُسْرَاتِي! هذَا أَبِي
إِسْمُهُ صَالِحٌ. هُوَ يَعْمَلُ فِي المَصْنَعِ.هُوَ مُوَظَّفٌ. هذِهِ أُمِّي.
إِسْمُهَا فَاطِمَة. هِيَ تُرَبِّي أَوْلاَدَهَا فِي البَيْتِ.
فِي عَائِلَتِي ثَلاَثَةُ أَوْلاَدِ وَ أَنَا الثَّانِي. هذِهِ
أُخْتِي. إِسْمُهَا زَيْنَبُ. هِيَ أَكْبَرُ مِنِّي بِأَرْبَعِ سَنَوَاتٍ. هِيَ
تَدْرُسُ فِي المَدْرَسَةِ العَالِيَةِ. الآنَ هِيَ فِي الفَصْلِ الثَّانِى. هِيَ
تِلْمِيْذَةٌ مُجْتَهِدَةٌ وَذَكِيَّةٌ. وَ هذَا أَخِي. إِسْمُهُ إِسْحَاقُ. هُوَ
أَصْغَرُ مِنِّي بِخَمْسِ سَنَوَاتٍ. هُوَ يَدْرُسُ فِي المَدْرَسَةِ
الإِبْتِدَائِيَّةِ. الآنَ هُوَ فِي الفَصْلِ الثَّانِي. أَنَا أُحِبُّهُ
لِأَنَّهُ يُرَافِقُنِي عِنْدَ تَذْكِيْرِ الدُّرُوْسِ وَاشْتَرِي لَهُ الحَلْوَى.
فِي العُطْلَةِ نَحْنُ نَجْمَعُ وَنُنَظِّفُ البَيْتَ. يُخْرِجُ
أَبِي سَيَّارَتَهُ فِي الفِنَاءِ وَيَغْسِلُهُ. أُسَاعِدُ أَبِي فِي عَمَلِهِ.
أُمِّي وَ أُخْتِي فِي المَطْبَخِ. هُمَا تُنَظِّفَانِ المَطْبَخَ وَتُعِدَّانِ
الطَّعَامَ.
فِي االظُّهْرِ إِنْتَهَيْنَا عَنِ الَعمَلِ ثُمَّ نَذْهَبُ إِلَى
المَسْجِدِ لِصَّلاَةِ الظُّهْرِ جَمَاعَةً مَعَ المُسْلِمِيْنَ. بَعْدَ صَلاَةِ
الظُّهْرِ نَحْنُ نَجْتَمَعُ فِي غُرْفَةِ الأَكْلِ وَ نَتَناوَلُ الغَدَاءِ
سَوِياًّ. أَشْكُرُ اللهِ لِنِعْمَهِ شُكْرًا كَثِيرًا
7.
Metode Pembelajaran
Mubasyarah, Sam'iyah syafawiyah,
sam’iyah bashariyah.
8.
Pembelajaran
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Waktu
|
A. Pendahuluan
1. Guru mengucapkan
salam
2. Guru memulai
pelajaran dengan mengucapkan basmalah.
3. Guru mengabsen
siswa.
4. Apersepsi dan
Motivasi
·
Apersepsi
Guru mengingatkan pelajaran minggu lalu.
·
Motivasi
Guru memotivasi
siswa.
5. Guru menyampaikan
tema pembelajaran dan tujuan pembelajaran
|
1. Siswa menjawab salam
2. Siswa mengucapkan
basmalah
3. Siswa menyebutkan
siswa yang tidak hadir.
4.
·
Siswa merespon dan memberi
tanggapan (eksplorasi)
·
Siswa mendengarkan
5. Siswa mendengarkan
|
10-15 Menit
|
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan
mufradat baru.
2. Guru kembali
melafalkan mufradat dan meminta siswa untuk mengikuti.
3. Guru menampilkan
gambar yang sesuai dengan wacana tentang keluarga.
4. Guru meminta salah
seorang siswa untuk membaca teks.
5. Guru memnyuruh siswa
untuk mencari informasi di dalam wacana tersebut.
6. Guru meminta siswa
untuk mengungkapkan ide atau informasi yang ada di dalam wacana.
7. Guru menguatkan atau
memperbaiki informasi yang ada di dalam teks. (Konfiramasi)
|
1. Siswa mendengarkan
dengan seksama.
2. Siswa mendengarkan
kemudian mengucapkan mufradat baru secara bersama/berkelompok. (eksplorasi)
3. Siswa memperhatikan
gambar tersebut dan memahaminya.
4. Siswa mendengarkan
dan memahami teks tersebut.
5. Siswa mencari
informasi yang ada di dalam wacana. (Elaborasi)
6. Siswa menyebutkan
ide atau informasi yang ada di dalam wacana. (Elaborasi)
|
50 Menit
|
C. Kegiatan Akhir
1.
Guru membimbing
siswa untuk menyimpulkan pelajaran.
2. Guru menugaskan
siswa untuk berlatih melafalkan dan mendengar teks bahasa Arab.
3. Guru menutup proses
pembelajaran dengan hamdalah
|
1. Siswa menyimpulkan pelajaran.
2. Siswa mendengarkan
dengan seksama.
3. Siswa mengikuti
mengucapkan hamdalah.
|
10-15 Menit
|
9.
Penilaian
a.
Tes lisan.
1.
Guru menyebutkan
kalimat, kemudian siswa mendengarkan dan melafalkan kalimat dengan sempurna.
·
يَا إِخْوَانِي، أَنَا حَمِيْدٌ. هذِهِ
أُسْرَاتِي!
·
فِي عَائِلَتِي ثَلاَثَةُ أَوْلاَدِ وَ
أَنَا الثَّانِي
·
فِي العُطْلَةِ نَحْنُ نَجْمَعُ
وَنُنَظِّفُ البَيْتَ
·
فِي االظُّهْرِ إِنْتَهَيْنَا عَنِ
الَعمَلِ ثُمَّ نَذْهَبُ إِلَى المَسْجِدِ
b.
Tes tulisan
Guru memberikan tugas halaman 75,
1-10 untuk dijawab oleh siswa di rumah.
1.
ماسم
والد حميد؟
2.
أين
يعمل والد حميد؟
3.
ماذا
تعمل والدة حميد؟
4.
هل
لحميد أخت؟
5.
ماسم
أخي حميد؟
6.
هل هو
أكبر من حميد؟
7.
ماذا
يعمل الأب فى الفناء؟
8.
ماذا
تعمل أمه و أخته في المطبخ؟
9.
متى
ينتهى حميد عن العمل؟
10.
أين
تجتمع الأسبوع؟
10. Sumber dan Alat Pembelajaran:
a.
Sumber
1)
Buku Fasih Berbahasa
Arab 1 untuk kelas VII.
2)
Internet
b.
Alat Pembelajaran
1)
Kertas karton
2)
Papan tulis
3)
Spidol
4)
Lem
Mengetahui,
Bonjol,..................
Kepala MTsN Bonjol Guru
mata Pelajaran Bahasa Arab
.................................... METHIA
FARINA
NIP. NIP.
409.230
Tidak ada komentar:
Posting Komentar