1.
Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah :
MTsN Bonjol
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII /II ( Dua )
Tema Pembelajaran :
أسرتي
Jumlah Pertemuan : X Pertemuan
2. Standar Kompetensi
2.1 Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan
informasi melalui kegiatan menulis
tentang tentang أسرتي
3. Kompetensi Dasar
3.1
Mengungkapkan
informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang أسرتي
4.
Indikator
4.1 Menuliskan kata atau frase yang
disebutkan oleh guru
4.2 Menyusun kata-kata menjadi
kalimat sempurna dengan struktur kalimat
yang meliputi: (مبتداء + خبر (جملة فعلية
4.3 Menerjemahkan kalimat dari Bahasa
Indonesia ke Bahasa Arab
5.
Tujuan
5.1 Siswa mampu menuliskan kata atau frase yang
disebutkan guru
5.2 Siswa mampu menyusun kata-kata menjadi kalimat
sempurna dengan struktur kalimat yang
meliputi: مبتداء + خبر (جملة
فعلية)
5.3 Siswa bisa menerjemahkan
kalimat dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab
6.
Materi Ajar
7. مُبْتَدَأٌ + خَبَرٌ
(جُمْلَةٌ فِعْلِيةٌ)
رَقْمٌ
|
جُمْلَةٌ اِسْمِيَّةٌ
|
|
مُبْتَدَأٌ
|
خَبَرٌ
|
|
1
|
أَبِيْ (هُوَ)
|
يَقْرَأُ الْجَرِيْدَةَ
|
2
|
أُمِّيْ (هِيَ)
|
تُشَاهِدُ التِّلِفِزِيُوْنَ
|
3
|
أَنَا
|
أَشْرَبُ الْحَلِيْبَ
|
4
|
أَنْتَ
|
تَشْرَبُ الْحَلِيْبَ
|
5
|
أَنْتِ
|
تَشْرَبِيْنَ الْحَلِيْبَ
|
7. Alokasi Waktu
2x40 menit =80 menit
8. Metode Pembelajaran
8.1. Menulis
8.2. Praktek/Demonstrasi
8.3. Qawa’id dan Terjemah
9. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
1
2
3.
|
Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam
2. Guru mengabsen siswa
3. Apersepsi dan Motivasi
• Apersepsi
Guru mengucapkan mufradat tentang أسرتي
• Motivasi
Guru memberikan reward kepada
siswa yang mampu menuliskan mufradat dengan benar
4. Guru menyampaikan tema pembelajaran
dan tujuan pembelajaran
Inti
1.
Guru menjelaskan
cara menyusun kalimat sempurna dengan struktur kalimat: مبتدأ + خبر (جملة فعلية)
2.
Guru menuliskan
beberapa contoh kalimat sempurna
3.
Guru memberikan
latihan berupa kalimat yang sudah diacak
4.
Guru meminta siswa
untuk menerjemahkan kalimat yang telah disusun.
5.
Guru memberikan penguatan tentang materi.
(konfirmasi)
Penutup
1.
Guru membimbing
siswa untuk menyimpulkan pelajaran.
2.
Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.
Kegiatan proses pembelajaran ditutup dengan bacaan
hamdalah
|
1. Siswa menjawab
salam
2. Siswa
menyebutkan siswa yang tidak hadir
3. • Siswa
menuliskan mufradat
• Siswa termotivasi
untuk belajar
4.
Siswa mendengarkan
1. Siswa mendengarkan dengan seksama(eksplorasi)
2. Siswa mengelompokkan kalimat berdasarkan struktur.
(elaborasi)
3. Siswa menyusun kalimat yang ditulis
secara acak menjadi kalimat yang benar. (elaborasi)
4. Siswa menerjemahkan kalimat yang
telah disusun. (elaborasi)
1. Siswa menyimpul-kan pelajaran.
|
10 menit
50-60 menit
10-15 menit
|
10. Penilaian
soal
|
Kunci jawaban
|
skor
|
Susunlah kata-kata
di bawah ini menjadi kalimat sempurna ((جملة
اسمية!
·
أَخِيْ الصَّغِيْرُ –
الْحَلِيْبَ - يَشْرَبُ
·
القُرْآن – أَقْرَأُ -
أَنَا
·
تُشَاهِدُ –
التِّلِفِزِيُوْنَ - حَمِيْدَةُ
|
·
أَخِيْ
الصَّغِيْرُ يَشْرَبُ الْحَلِيْبَ
·
أَنَا
أَقْرَأُ القُرْآن
·
حَمِيْدَةُ
تُشَاهِدُ التِّلِفِزِيُوْنَ
|
|
Terjemahkan ke dalam Bahasa
Arab!
·
Ibuku memasak nasi di dapur
·
Khadijah menulis surat
·
Saya membuka pintu
|
·
أُمِّيْ
تَطْبَخُ الرُّزَّ
·
خَدِيْجَةُ
تَكْتُبُ الرِّسَالَةَ
·
أَنَا
أَفْتَحُ الْبَابَ
|
|
11. Sumber dan Alat Pembelajaran
a. Sumber:
Buku Ayo Memahami Bahasa Arab MTs/SMP Islam Kelas VII
b. Alat
Pembelajaran: papan tulis, spidol
Mengetahui Bonjol, .................
Kepala MTsN Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab
...................................... METHIA
FARINA
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar