MENGARANG DENGAN ILHAM

Melihat, mengalami, merasakan dan membaca.
Menjadi SASTRAWAN

Jumat, 18 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITABAH


1.      Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah                         : MTsN Bonjol 
Mata Pelajaran                         : Bahasa Arab
Kelas / Semester                      : VII /II ( Dua )
      Tema Pembelajaran                 : أسرتي
Jumlah Pertemuan                   : X Pertemuan    

2.      Standar Kompetensi
2.1 Menulis  
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi  melalui kegiatan menulis tentang  tentang أسرتي

3.      Kompetensi  Dasar
3.1           Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang أسرتي

4.         Indikator
4.1     Menuliskan kata atau frase yang disebutkan oleh guru
4.2     Menyusun kata-kata menjadi kalimat  sempurna dengan struktur kalimat yang meliputi: (مبتداء + خبر (جملة فعلية
4.3     Menerjemahkan kalimat dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab

5.         Tujuan
5.1  Siswa mampu menuliskan kata atau frase yang disebutkan guru
5.2 Siswa mampu menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna  dengan struktur kalimat yang meliputi:  مبتداء + خبر (جملة فعلية)
5.3   Siswa bisa menerjemahkan kalimat dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab

6.         Materi Ajar

7.      مُبْتَدَأٌ + خَبَرٌ (جُمْلَةٌ فِعْلِيةٌ)

 رَقْمٌ
جُمْلَةٌ اِسْمِيَّةٌ
مُبْتَدَأٌ
خَبَرٌ
1
أَبِيْ (هُوَ)
يَقْرَأُ الْجَرِيْدَةَ
2
أُمِّيْ (هِيَ)
تُشَاهِدُ التِّلِفِزِيُوْنَ
3
أَنَا
أَشْرَبُ الْحَلِيْبَ
4
أَنْتَ
تَشْرَبُ الْحَلِيْبَ
5
أَنْتِ
تَشْرَبِيْنَ الْحَلِيْبَ
           

7.         Alokasi Waktu
      2x40 menit =80 menit

8.         Metode Pembelajaran
            8.1. Menulis
            8.2. Praktek/Demonstrasi
            8.3. Qawa’id dan Terjemah

9.         Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
1













2














3.









Pendahuluan
1.         Guru mengucapkan salam
2.         Guru mengabsen siswa
3.         Apersepsi dan Motivasi
           Apersepsi
           Guru mengucapkan mufradat      tentang أسرتي
          Motivasi
           Guru memberikan reward kepada siswa yang mampu menuliskan mufradat dengan benar
4.         Guru menyampaikan tema pembelajaran dan tujuan pembelajaran

Inti
1.      Guru menjelaskan cara menyusun kalimat sempurna dengan struktur kalimat: مبتدأ + خبر (جملة فعلية)
2.      Guru menuliskan beberapa contoh kalimat sempurna
3.      Guru memberikan latihan berupa kalimat yang sudah diacak
4.      Guru meminta siswa untuk menerjemahkan kalimat yang telah disusun.
5.       Guru memberikan penguatan tentang materi. (konfirmasi)


Penutup
1.      Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan pelajaran.
2.      Siswa mendapatkan informasi mengenai rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.      Kegiatan proses pembelajaran ditutup dengan bacaan hamdalah

1. Siswa menjawab salam
2. Siswa menyebutkan siswa yang tidak hadir
3.        Siswa menuliskan mufradat
• Siswa termotivasi untuk belajar



4.      Siswa mendengarkan



1.         Siswa mendengarkan dengan seksama(eksplorasi)

2. Siswa mengelompokkan kalimat berdasarkan struktur. (elaborasi)
3.         Siswa menyusun kalimat yang ditulis secara acak menjadi kalimat yang benar. (elaborasi)
4.         Siswa menerjemahkan kalimat yang telah disusun. (elaborasi)


1.         Siswa menyimpul-kan pelajaran.
10 menit













50-60 menit













10-15 menit

10. Penilaian

soal
Kunci jawaban
skor
Susunlah kata-kata di bawah ini menjadi kalimat sempurna ((جملة اسمية!
·         أَخِيْ الصَّغِيْرُ – الْحَلِيْبَ - يَشْرَبُ
·         القُرْآن – أَقْرَأُ - أَنَا
·         تُشَاهِدُ – التِّلِفِزِيُوْنَ - حَمِيْدَةُ


·         أَخِيْ الصَّغِيْرُ يَشْرَبُ الْحَلِيْبَ
·         أَنَا أَقْرَأُ القُرْآن
·         حَمِيْدَةُ تُشَاهِدُ التِّلِفِزِيُوْنَ




 Terjemahkan ke dalam Bahasa Arab!
·         Ibuku memasak nasi di dapur
·         Khadijah menulis surat
·         Saya membuka pintu

·         أُمِّيْ تَطْبَخُ الرُّزَّ
·         خَدِيْجَةُ تَكْتُبُ الرِّسَالَةَ
·         أَنَا أَفْتَحُ الْبَابَ


11. Sumber dan Alat Pembelajaran
a.         Sumber: Buku Ayo Memahami Bahasa Arab MTs/SMP Islam Kelas VII
b.         Alat Pembelajaran: papan tulis, spidol


  Mengetahui                                                                            Bonjol, .................
  Kepala MTsN                                                               Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

             
......................................                                                          METHIA FARINA     
NIP.               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar